Tingkatkan Ukhuwah, Rumah Zakat Ajak Remaja Bermain Futsal

futsal

Salatiga-Dalam rangka meningkat ukhuwah antar remaja, Rumah Zakat mengajak puluhan remaja di RW 09 Kelurahan Dukuh bermain futsal, Sabtu (21/7) di Centro Futsal Randuares, Argomulyo, Salatiga. Olahraga menjadi salah satu kegiatan rutin pilihan sebagai bentuk pembinaan karakter bagi remaja selain untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Memang bukan kali pertama olahraga futsal ini digelar. Kegiatan olahraga seperti basket, volley, renang juga diprogramkan rutin bergantian dalam kurun waktu satu bulan. Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengatakan bahwa membina remaja untuk menjadi generasi yang berkarakter diperlukan pendekatan yang sesuai dengan psikologi dan bakat minat remaja. Kegiatan pembinaan harus disusun bervariasi agar para remaja selalu antusias dalam mengikuti kegiatan yang positif.

“Membina remaja memang tidak mudah. Kita harus masuk ke segi kehidupan remaja termasuk bakat minatnya. Kegiatan pembinaan pun harus selalu bervariasi agar para remaja antusias dalam lingkungan dan kegiatan positif. Sehingga mereka akan terhindar dari kenakalan remaja dan pengaruh perilaku-perilaku yang negatif,” kata Dwi Pujiyanto.

Calvin (17) salah satu siswa SMK Negeri di Salatiga yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku senang. Meskipun salah satu kakinya sedang cidera ringan ia tetap ikut bermain karena sebagai ajang silaturrahim dan kebersamaan bagi remaja.

“Saya senang bermain futsal. Meskipun kaki saya sedang sakit tapi saya tetap bermain. Itu semua demi kebersamaan dan untuk menjalin  silaturrahim antar remaja,” kata Calvin remaja dari RT 02.

Permainan futsal berlangsung selama dua jam dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Sewa lapangan dan kebutuhan minum didukung dari Rumah Zakat. Kegiatan futsal ditutup dengan shalat asar berjamaah di masjid yang lokasinya dekat dengan lapangan futsal.