Theo Litaay : Dokumen Rahasia AS Tak Pengaruhi Penyelesaian Tragedi 1965

Peristiwa 1965

Jakarta,– Tenaga Ahli Deputi V Kantor Staf Presiden, Theo Litaay, mengatakan pihaknya akan mendalami dokumen rahasia Amerika Serikat yang memuat informasi soal sejarah1965. Ia memastikan keberadaan dokumen itu tidak akan berpengaruh dalam proses penyelesaian kasus 1965.

“Saya kira penyikapan atas informasi sejarah itu akan berlangsung seiring dengan waktu. Ini informasi awal yang kita terima, tentu akan kita dalami dan kita kaji lagi,” kata Theo di kantor Amnesty International Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2017.

Theo menjelaskan penyelesaian peristiwa 1965 tetap harus melihat realitas politik di Indonesia. Pengkajian terhadap dokumen tersebut, kata dia, untuk menentukan respons pemerintah Indonesia.”Dokumen itu tidak berpengaruh. Rekonsiliasi tetap berjalan,” ujarnya.

Theo optimistis pemerintah masih terus melanjutkan tahapan penyelesaian kasus 1965 sebelum pemerintahan Presiden Joko Widodo rampung. “Idealnya selesai, kalau tidak selesai, dilanjutkan pemerintahan berikutnya. Tapi kita dorong terus,” ujar dia.

Sumber : tempo.co