Tahukah Anda, Restoran Itu Wajib Mencantumkan Harga ?

Perlindungan Konsumen

Salatiga,- Pernahkah anda makan di restoran namun pada daftar menu-nya tidak ada harganya. Mungkin pernah mungkin juga tidak. Sedikit saya mau share pengetahuan tentang hukum pelindungan konsumen supaya kita mengerti saja.

Kita sebagai konsumen ternyata berhak untuk memperoleh informasi yang jelas tentang hidangan restoran maupun harganya. Sementara kewajiban dari pelaku usaha restoran adalah memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi barang dan/atau jasa yang diperdagangkannya. Dasar hukum diatas terdapat dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Hak konsumen tadi ada dalam pasal 4 huruf c UUPK, sementara Kewajiban pelaku usaha ada pada Pasal 7 huruf B UUPK.

Untuk diketahui pula dalam Pasal 10 huruf b UUPK menerangkan bahwa pelaku usaha dalam berdagang dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan mengenai harga atau tarif suatu barang dan/atau jasa.

Sanksi bagi pelanggar ketentuan diatas adalah pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak 2 miliar Rupiah.

Selain itu, untuk kita ketahui bahwa pelaku usaha wajib mencantumkan harga dalam Rupiah (Rp).  Kalau aturan ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia melalui Surat Edaran Nomor 17/11/DKSP Tahun 2015 tentang kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu pelaku usaha di wilayah RI wajib mencantumkan harga barang/jasa hanya dalam Rupiah dan dilarang mencantumkan harga dalam Rupiah dan mata uang asing secara bersama (dual quotation).