Rumah Zakat Support Posyandu Balita Desa Berdaya Dukuh

rumah zakat support posyandu

Salatiga-Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi Desa Berdaya Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Dwi Pujiyanto memberikan support terhadap kegiatan Posyandu Balita di lingkungan RW 09 Kelurahan Dukuh, Jumat (13/7). Dukungan yang diberikan berupa uang nominal untuk kegiatan Posyandu ataupun untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita.

Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang juga hadir membantu kegiatan Posyandu sore itu mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian Rumah Zakat terhadap tumbuh kembang generasi Indonesia masa yang akan datang. Kalau generasi Indonesia sehat maka bangsa dan Negara Indonesia akan maju dan sejahtera. Rumah Zakat sendiri juga memiliki program Senyum Sehat bahkan di beberapa tempat sudah berdiri dan beroperasi Rumah Bersalin Gratis (RBG) Rumah Zakat seperti di Kota Semarang, Bandung, Surabaya, DIY, dan kota besar lainnya.

“Rumah Zakat mempunyai program kepedulian terhadap kesehatan warga Indonesia dengan nama program rumpun ‘Senyum Sehat’. Termasuk kegiatan posyandu di lingkungan RW 09 ini. Di beberapa tempat kota besar bahkan Rumah Zakat mendirikan Rumah Bersalin Gratis (RGB) bagi warga kurang mampu,” kata Dwi Pujiyanto.

Posyandu Balita “Anyelir” dilaksanakan rutin setiap bulan sekali yaitu setiap tanggal 13 dan dilaksanakan di balai RT 03 RW 09. Seluruh warga sangat antusias datang ke Posyandu untuk memeriksakan pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Ada sekitar 30 sampai 40 balita yang aktif mengikuti kegiatan Posyandu. Kader Posyandu yang terdiri dari empat sampai lima orang dengan sabar melayani warga sejak setelah asar hingga menjelang waktu magrib.

Ibu Suloso, Ketua Posyandu mengatakan bahwa kegiatan Posyandu dilaksanakan rutin setiap bulan sekali untuk memantau perkembangan, pertumbuhan, dan kesehatan balita di lingkungan RW 09. Hal itu dilakukan agar seluruh balita tumbuh dengan sehat dan tidak ditemukan kasus gizi buruk. Oleh karenanya selain para balita mendapatkan pemeriksaan kesehatan seperti menimbang berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan pemberian vitamin juga diberikan pemberian makanan tambahan.

“Alhamdulillah warga sangat antusias mengikuti kegiatan Posyandu. Setiap balita yang rajin datang ke Posyandu pasti kesehatan dan pertumbuhannya akan terpantau. Baik berat badannya, tinggi badannya, dan yang lainnya. Selain itu setiap yang datang akan diberikan makanan tambahan untuk menunjang gizi balita,” kata Ibu Suloso.

#RumahZakat
#RelawanInspirasi
#DesberDukuh
#SenyumSehat
#sharinghappiness