PSI Salatiga bersama Salatigacity.com Gelar Diskusi Publik Interaktif Lintas Partai

1

Salatigacity.com,- Partai Solidaritas Indonesia Kota Salatiga menggelar diskusi publik interaktif yang melibatkan caleg-caleg millenial dari berbagai partai politik. Acara ini digelar pada Jumat, 23 November 2018 ini dihadiri sekitar 50 orang dari bebagai kalangan masyarakat Salatiga dan penggiat media sosial di Salatiga.

Acara yang mengangkat tema “Peran Politisi Muda Dalam Membangun Masyarakat Untuk Cerdas Politik” ini menghadirkan 3 orang caleg muda yaitu Angga Widitama Putra dari PSI, Kristiawan dari Perindo dan Yohanes Romeo dari Gerindra, namun Romeo sedikit terlambat datang sehingga hanya bisa mengikuti diskusi pada bagian akhir. Diskusi ini juga menghadirkan 2 orang panelis dari kalangan akademisi yaitu Khrisna Dharumurti dan Indra Budiman. Sementara host dibawakan oleh Dr.Wilson Therik.

2Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Dr.Khrisna Dharumurti MH pada penutupan diskusi, PSI Salatiga memiliki tujuan dimana para politisi muda di Salatiga harus mampu bersama-sama membangun sistem politik yang berorientas pada masyarakat. Dimana masyarakat bukan lagi hanya sekedar menjadi objek pemilu dalam memuaskan sebuah ambisi seseorang atau partai politik untuk mendapatkan kursi wakil rakyat, namun semua program kerja harus berorientasi pada kesejahtraan rakyat.

Ketua PSI Salatiga, Ody Pattiwael mengungkapkan bahwa ” seharusnya masyarakat lebih komunikatif dalam proses pemilu ini kali ini. Lebih baik jika masyarakat lebih inisiatif memanggil caleg-caleg untuk presentasi dihadapan warganya, sehingga masyarakat akan benar-benar paham siapa saja caleg yang memiliki kapasitas sebagai wakil mereka. Jika caleg yang lebih berinisiatif, maka akan ada kecenderungan wakil rakyat berposisi ekslusif didepan masyarakat”.

Diskusi interaktif seperti ini sudah menjadi program kerja PSI Salatiga dimana PSI Salatiga ingin mewujudkan pembelajaran dan berbagi pengetahuan dalam forum terbuka yang saat ini dinilai hanya berani pada forum-forum dunia maya. PSI Salatiga sudah memiliki rencana kerja ini selama 1 tahun kedepan dan tidak hanya dikerjakan hanya saat masa kampanye ini. “berdiskusi adalah sebuah budaya yang baik dimana kita akan sama-sama belajar dan membangun karakter dan juga silahturahmi” kata Ody. Joana Tanjaya meyatakan diksusi publik ini sukses dimana acara pertama dari program kerja diskusi publik PSI Salatiga ini berjalan melebihi ekspektasinya dan mendapat respon baik dari masyarakat Salatiga.