Pentingnya Komunikasi Dan Kejujurann Dalam Sebuah Hubungan

Kejujuran

Komunikasi merupakan kebutuhan setiap manusia, khusunya dalam menjalin interaksi kemanusiaan dan memenuhi kebutuhan manusia. Pola komunikasi yang berkembang biak hanya bersifat infomatif tetapi juga persuasif yang artinya komunikasi tidak hanya bertujuan agar orang lain mengerti akan tetapi juga berharap orang lain menerima suatu kepahaman dan keyakinan untuk melakukan suatu perbuatan tertentu. Sebuah komunikasi mempunyai fungsi sosial untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup dan memperoleh kebahagiaan sehingga terhindar dari tekanan dan ketegangan dalam memupuk hubungan dengan orang lain.

Dalam membina senuah hubungan, kita dituntu untuk selalu membuat pasangan kita bahagia. Terutama bagi perempuan sangatlah berbeda dengan para lelaki yang lebih bersifat realistis sedangkan para perempuan condong lebih keperasaan, sehingga komunikasi sangat berperang penting dalam membina sebuah hubungan yg harmonis. Hal yang sangat penting yang akan menjadi fondasi dari sebuah hubungan yang bahagia adalah kejujuran. Sebuah hubungan yang tidak didasari oleh kejujuran merupakan hubungan yang tidak sehat, ibarat bom atom yang akan meledak kapan saja.

Kejujuran dalam sebuah hubungan dapat menciptakan serta membawa beberapa hal, diantaranya adalah ;

  • Kejujuran akan membawa kita menuju kebahagiaan

Kejujuran adalah hal yang sangat dasar yang harus ada dalam sebuah hubungan. Tentunya pasangan tidak ingin jika pasangannya tidak jujur, apalagi untuk kaum wanita apabila dibohongi mereka akan sangat tersakiti.

  • Kejujuran akan membawa ketenangan

Hubungan yang dibumbui dengan banyaknya kebohongan maka akan membuat hidup kita tidak tenang. Kita akan terus menerus berbohong untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya. Keadaan ini akan terus menerus berlanjut sebelum kita bisa jujur. Sehingga hidup kita tidak pernah di sertai dengan ketenangan.

  • Kejujuran adalah kunci langgengnya suatu hubungan

Hubungan yang berlandaskan kejujuran akan membawa kehidupan kita menuju kehidupan yang ideal. Sebagai pasangan kita akan lebih menjadi terikat sama satu lain. Serta kejujuran akan menciptakan suasana yang menyenangkan dengan pasangan. Karena sejatinya kejujuran adalah kunci dari kebahagiaan.

Seperti yang dikutip oelh metro.co.uk bahwa ada 4 alasan pentingnya memiliki hubungan asamara yang terbuka antar pasangan, diantaranya :

  1. Biasakan saling jujur
  2. Kejujuran akan menghasilkan hubungan yang langgeng
  3. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang terbuka
  4. Tetap dibatas yang wajar

Sering kali kita melihat dalam kehidupan sehari-hari entah itu dikalangan anak muda ataupun kalangan orang dewasa baik yang menjalin hubungan pacaran ataupun yang sudah menikah selalu terjadi pertengkaran yang selalu berujung pada perpisahan. Kita tahu jika masih hubungan pacaran pisah bukanlah sesuatu yang buruk akan tetapi bagaimana daengan mereka yang sudah menikah??
Bagi pasangan yang sudah menikah “perpisahan atau perceraian” akan membawa dampak negatif. Kenapa tidak sebab mengurus sebuah perceraian membutuhkan biaya yang tidak sedikit, belum lagi perasaan-perasaan negatif dari smua yang terjadi.

Jadi dalam hal ini sebuah kejujuran adalah fondasi penentu dalam keharmonisan dan kelanggengan dari sebuah hubungan. (JS)