KPU Salatiga Sosialisasikan Pencalonan Anggota DPRD

306

Salatiga,- Proses tahapan dan syarat pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) disosialisasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga, Kamis sore (31/5). Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses pencalonan Anggota DPRD adalah satu tahapan penting, sedangkan tahapan Pemilu 2019 sebenarnya telah dimulai sejak akhir 2017 lewat verifikasi Partai Politik (Parpol). “Untuk mewujudkan Pemilu sesuai dengan harapan UU, bukan hanya tanggung jawab KPU, tapi kita semua. Mari kita saling dukung, suport, dan saling mengasihi,” Ucap Putnawati.

Materi Sosialisasi dibagi menjadi dua, Putnawati menyampaikan jadwal tahapan pencalonan, sedangkan Komisioner Jayusman Djunus memaparkan syarat serta teknis administrasi pencalonan anggota DPRD. Menurut Putnawati, proses pencalonan dimulai sejak awal Juli 2018. “KPU akan memberitahukan pendaftaran calon anggota DPRD melalui media cetak dan elektronik selama tiga hari, yakni mulai 1 sampai 3 Juli 2018”, Papar Putnawati kepada hadirin yang hadir di Hotel Wahid.

Selanjutnya Putnawati menerangkan tanggal-tanggal penting sehubungan dengan pencalonan Anggota DPRD, hingga waktu penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) dan Tetap (DCT). Para calon yang nantinya akan mendaftar, wajib mengisi formulir yang disediakan KPU,diantaranya Form B, B-1, B-2. Demikian keterangan Jayusman Djunus.

Selain mengisi sejumlah Form, Jayusman mengingatkan calon untuk menyiapkan syarat administrasi pencalonan, seperti Ijazah/STTB SMA/sederajat, SKCK, KTP-el, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, dan lainnya.

Sekertaris DPC Partai Hanura Salatiga Saam Fredy Marpaung yang hadir, menyampaikan apresiasi kepada KPU Salatiga yang telah mengadakan acara tersebut. “Informasi ini penting bagi Parpol dalam menyiapkan segala sesuatunya berhubungan dengan pencalonan DPRD. Apalagi KPU berkomitmen membantu sepenuhnya dengan membuka help desk nantinya,” Kata Saam.

Tidak hanya dihadiri oleh utusan Parpol yang ada di Salatiga, KPU turut mengundang pihak Kesbangpol, DKK, Panwas, serta awak media. Kegiatan ditutup dengan buka puasa bersama.