Jelang Kongres, GAMKI Harus Kritis Terhadap Fenomena Ketidakadilan

GAMKI

JAKARTA – Kongres Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) XI, yang akan digelar pada 1-4 Agustus 2019 di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Rencananya, sekitar 32 Dewan Pengurus Daerah (DPD) GAMKI seluruh Indonesia akan hadir untuk mengevaluasi kinerja selama 3 tahun GAMKI, dan menentukan gerak dan langkah 3 tahun GAMKI ke depan.

Perlu diketahui, hajatan organisasi pemuda Kristen tertinggi ini mengalami penundaan. Pasalnya, sebelumnya Kongres GAMKI akan digelar di Batam, Kepulauan Riau, pada 2018. Namun, batal.

Mantan Ketua Umum DPP GAMKI periode 2007-2011 Sahat Sinaga mengapresiasi atas digelarnya Kongres GAMKI yang sempat tertunda satu tahun itu.

Sahat mengimbau, agar ratusan kader bermotto Ora et Labora (berdoa dan bekerja) itu tidak berdiam diri, dan menikmati zona nyaman saja. Karena dia beralasan tidak sesuai dengan karakter dan jati diri pemuda Kristen sesungguhnya.

“Hasil Kongres ini GAMKI harus kritis terhadap fenomena Ketidakadilan yang ada. Selain itu kader GAMKI harus membela kaum miskin dan yang terpinggirkan,” ujar Ketua MPO GAMKI periode 2007-2011 itu, di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Menurut Sahat, jauh lebih penting Konsilidasi organisasi GAMKI mewujudkan kader yang mampu berpihak dengan mewujudkan teologia pembebasannya dalam pelayanan di masyarakat dan gereja. Ketimbang sekedar memilih Ketua dan Sekretaris Umum DPP GAMKI.

Jelang Kongres beredar nama-nama calon Ketua Umum DPP GAMKI menggantikan Michael Wattimena, yang sudah terpilih dua periode. Diantaranya, Anggota DPD dari Papua Barat terpilih, Mamberob Yosephus Rumakiek, mantan Ketua Umum GMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Ketua DPD GAMKI Sumatera Utara Landen Marbun, dan Sherley Wattimena.

Secara terpisah, Sekretaris DPD GAMKI DKI Jakarta Richrad Manahan Rumahorbo mengatakan,  setelah Bob Sitepu, anggota DPR terpilih dari Sumatera Utara memilih mundur dari bursa pencalonan Ketum DPP GAMKI. Kini, DPD GAMKI DKI Jakarta mencalonkan Hendri Sinaga, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi periode 2015-2018 sebagai Sekretaris Umum.

“Hasil konferda GAMKI DKI Jakarta ini yang akan kami bawa sebagai rekomendasi ke kongres GAMKI. Bukan hanya merekomendasikan calon sekum, tapi juga pokok-pokok pemikiran kader dalam pelayanan di masyarakat dan gereja yang menjadi pergumulan DPD GAMKI Jakarta selama ini, ” ujar Richard. (RAL)