Cek penyebab dan cara hadapi Tangan dan kaki sering mendadak dingin

Kaos kaki

Kita mungkin pernah mengalami tangan dan kaki yang tiba-tiba terasa sangat dingin, yang awalnya tubuh kita baik-baik saja menjadi seperti menggigil.

Jika dilihat dari segi medis atau kesehatan penyebab tangan dan kaki dingin dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan, kita tidak perlu terlalu khawatir karena anak muda yang dengan kondisi sehat pun pernah mengalaminya dan itu termasuk keluhan umum.

Akan tetapi kalau dingin yang kita rasakan sudah terlalu ekstrem, kemungkinan kondisi tersebut adalah tanda adanya penyakit yang lebih serius, seperti penyakit arteri perifer (PAD).

Selain itu juga merupakan tanda-tanda penyakit Raynaud yang menyebabkan pembuluh darah di jari-jari tangan dan kaki mengalir seadanya. Raynaud adalah suatu kondisi yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jari-jari tangan, jari kaki, telinga dan ujung hidung. Kondisi ini biasanya terjadi karena paparan suhu dingin. Pembuluh darah menyempit termasuk respon yang normal dan wajar terhadap dingin untuk mempertahankan suhu inti tubuh dan untuk melindungi organ vital.

Jika dingin yang mendera kaki dan tangan karena penyakit Raynaud, akan terjadi perubahan warna kulit, tetapi itu tidak berlangsung lama. Jari yang mengalami kedinginan bisa berubah menjadi putih pucat dikarenakan arteri tertutup dan bisa juga menjadi biru atau ungu. Perlu kita tahu jika arteri terbuka dan darah mengalir dengan lancar maka warna kulit akan berubah menjadi merah. Jadi jangan terlalu cemas ketika kulit kita tiba-tiba berubah warna di udara atau suhu dingin.

Cara hadapi suasana dingin

Kita bisa memakai alas kaki atau kaos kaki yang berbahan wol supaya lebih hangat dan pastikan tangan tetap hangat dengan cara memakai sarung tangan dan itu sangat membantu agar tangan tetap hangat. Jangan lupa pakailah baju dengan lapisan pakaian yang berlapis itu membantu menjaga suhu internal tubuh. Hidari cafein dan nikotin. Ini adalah faktor pemicu yang bisa semakin memperparah efek dingin. Bahkan akan lebih baik jika kita meminum air putih yang hangat itu juga bisa membantu kondisi tubuh kita stabil di udara yang dingin. (JS)