Cegah Kenakalan Remaja, Rumah Zakat Giatkan Pembinaan Karakter bagi Remaja

ri pembinaan

Salatiga-Maraknya berbagai kenakalan remaja akhir-akhir ini membuat para aktivis yang peduli remaja prihatin dan resah dengan generasi bangsa saat ini. Sejumlah lembaga atau individu melakukan bermacam-macam cara untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang ditugaskan di Kelurahan Dukuh, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Ia menggulirkan berbagai program pembinaan karakter bagi remaja dalam rangka untuk membentengi mereka dari pengaruh kenakalan remaja yang semakin memprihatinkan.

Minggu (4/3/2018) kemarin di rumahnya yang beralamat di Jalan Sumantri Raya No. 14 berkumpul puluhan remaja putra usia SMP dan SMA untuk mendapatkan pembinaan karakter dan akhlak islami dari dirinya. Program pembinaan karakter  ini dilaksanakan rutin setiap hari Minggu. Para remaja diajarkan tentang pengetahuan agama Islam, membaca Al-Qur’an, dan pendidikan karakter.

“Untuk membentengi para remaja dari pengaruh kenakalan remaja yang semakin marak. Kami berinisiasi menyelenggarakan program pembinaan karakter bagi remaja. Yang sebenarnya sudah berjalan sekitar dua tahun. Alhamdulillah ada hasilnya. Mereka yang mengikuti pembinaan karakter ini aktif menunaikan shalat berjamaah di masjid. Sehingga masjid di tempat kami lebih makmur,” kata Dwi Pujiyanto.

Ia menambahkan selain belajar wawasan keislaman, program pembinaan karakter bagi remaja dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan, seperti bakar jagung bareng, bermain basket bareng, membagikan nasi bungkus kepada dhuafa, dan belajar bersama. (Dwi Pujiyanto / 085641035187)