Aksi Solidaritas “Aliansi Masyarakat Salatiga Cinta Damai “ Menolak Ormas dan Paham Radikal

aliansi masyarakat salatiga cinta damai

Salatiga,- Sejumlah komunitas dan organisasi kemasyarakatan ( ORMAS ) di kota Salatiga menggelar aksi solidaritas pada Jumat, 14 Juni 2019 pukul 09.00 wib bertempat di Bundaran Kaloka Salatiga. Aksi ini berupa orasi didepan masyarakat Salatiga sekaligus aksi pengumpulan tanda tangan yang bertujuan untuk menangkal segala paham-paham dan organisasi-organisasi radikal yang dapat mengganggu keutuhan NKRI.

16Sejumlah element komunitas dan ormas ini mengatasnamakan ALIANSI MASYARAKAT SALATIGA CINTA DAMAI membuat sebuah petisi yang ditujukan kepada Kementerian Dalam Negeri ( KEMENDAGRI ) agar supaya segala tidak memperpanjang izin-izin ormas-ormas yang selalu menimbulkan keresahaan dalam masyarakat. Adapun aliansi ini terdiri dari komunitas dan organisasi BaraJP Salatiga, Komosa, Banser, Ansor, RFC, Banyu Langit, KPKS, SEKNAS, Solidaritas Salatiga GMKI, Zebra Community dan beberapa komunitas lainnya.

Humas dalam aksi ini, Ariyadi mengatakan “ dalam aksi ini kami akan menyampaikan 4 poin yang tertuang dalam petisi dan ditanda tangani oleh ketua-ketua dari teman-teman komunitas yang tergabung dalam Aliansi ini. Hasil dari petisi ini akan kami kirim kepada bapak Cahyo Kumulo selaku kemendagri“.

4 poin yang dimaksudkan adalah Menolak aksi kerusuhan dan kelompok/paham radikal di kota Salatiga dan Indonesia, Mengajak masyarakat Salatiga untuk menjaga dan memelihara kondusifitas dan tolerasnsi di Kota Salatiga, mendukung TNI dan POLRI untuk menindak tegas pelaku kerusuhan sesuai perundang-undangan yang berlaku, serta mendesak kemendagri untuk tidak memperpanjang ijin/SKT ormas-ormas radikal

26Sementara Koordinator aksi ini, Lodewyk Pattiwael berpendapat bahwa “aksi-aksi seperti ini perlu dilakukan sebagai sinyal kepada kelompok-kelompok radikal bahwa aparatur negara bersama masyarakat akan selalu menentang setiap pergerakan-pergerakan kelompok radikal  yang menyusup kedalam masyarakat”

Dengan dukungan keamanan dari Polres Salatiga, Acara ini berjalan dengan tertib dan aman. Apresiasi positif dari pihak kepolisian kepada teman-teman aliansi pun disampaikan oleh Kasat Intel Polres Salatiga dimana hal-hal positif seperti ini perlu terus dilakukan dan terus bekerjasama dengan pihak-pihak keamanan terkait.

Selain aksi pengumpulan tanda tangan, Aliansi Masyarakat Salatiga Cinta Damai pun melakukan perekaman video berdurasi 1 menit oleh orang-orang yang turut mendukung aksi ini . Video-video ini akan di unggah ke media-media sosial dimana sebagai bentuk dukungan terhadap seluruh masyarakat Indonesia. Dari Salatiga Untuk Indonesia !!!