1333 “Jemaah Haji” Padati Lapangan Pancasila

haji

Salatiga.go.id,-, 1.333 “jemaah haji” terlihat khusyuk melaksanaakan rangkaian ibadah haji di lapangan Pancasila Salatiga, 3/10. Mereka adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Salatiga yang turut serta dalam kegiatan manasik haji MI Kota Salatiga Tahun 2017. Kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Muh Haris ditandai dengan penerbangan balon.

Agus Gufroni Ketua Panitia menuturkan bahwa kegiatan tersebut rutin dilaksanakan tiap tahun saat bulan Dzulhijjah. “Peserta manasik haji ini berasal dari seluruh MI yang ada di Salatiga, jumlahnya adalah 13 MI. sedangkan anak yang mengikuti manasik adalah mereka yang duduk di bangku kelas 3, 4, dan 6. Secara keseluruhan manasik haji berjalan dengan baik dan lancar,” terang guru MI Noborejo ini.

Wakil walikota dalam sambutan pembukaannya berharap para guru terus membekali para siswa dengan kemampuan akademik yang menyesuaikan tantangan zaman. “Seiring perkembangan zaman yang selalui dibarengi dengan perkembangan teknologi, tantangan anak-anak ke depan akan semakin berat. Peran dari para guru dan orang tua dituntut untuk selalu menyesuaikan dengan kemajuan tersebut. Kami cukup bangga karena Lembaga Pendidikan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah tetap memberikan sentuhan nilai-nilai agama dalam setiap kebijakan dan kegiatan proses belajar mengajarnya,” sambut Muh Haris.

Ditengah cerianya anak-anak mengikuti manasik terlihat dua siswa pingsan karena kelelahan.  Tenaga kesehatan dari puskesmas Kalicacing, Artisa AMd. Keb. Menjelaskan jika penyebab pingsan adalah belum sarapan. “Meski sempat pingsan tapi semua bisa diatasi, karena mereka sebetulnya sehat tapi belum sarapan saja,” terang Artisa.

sumber : salatiga.go.id